Mei 03, 2019

Yin Yang: Perbedaan Awal Keharmonisan


Susahnya mencari kandidat karyawan yang tepat untuk menduduki suatu posisi dalam perusahaan, inilah masalah yang kerap saya hadapi sebagai konsultan Perusahaan. Sudah dua bulan ini, mencari kandidat sales untuk salah satu klien belum terpenuhi, berbagai cara menyebar info loker sudah dilakukan. Sampai Project Officer yang saya tempatkan mendampingi klien bilang "Saya nyari istri saja, gak sesusah ini."

Jiah... Ini satu sisi yang aku tau.

Padahal ketika menjadi pembicara di banyak pelatihan, Work Shop, atau Seminar yang bertajuk "Kiat Menembus Dunia Kerja" atau "Rahasia Sukses Wawancara Kerja" atau bahasa-bahasa lain yang intinya ditujukan pada pencari kerja agar sukses melepas predikat penganggurannya. Saya selalu memulai dengan pertanyaan "Menurut kalian, susah gak sih mencari kerjaan?" Saya berani taruhan, hampir seluruh peserta akan menjawab "Susahhhh..... " 

Ini sisi lain yang saya juga tau.

Lah terus? Satu sisi nyari karyawan susahnya minta ampun, sampe berani sumpah, nyari istri lebih mudah dari nyari tenaga kerja. Sisi yang lain, nyari kerjaan susah pisan, sampe udah dapet istri belum juga dapet kerjaan. Kesimpulannya : Cari istri itu gampang...

Dua sisi atau kutub yang berbeda, disebut Yin Yang, itulah Hukum Jalan Suci Tuhan. Dua kutub ini bila bertemu akan terjadi interaksi, bisa saling mematikan atau bahkan saling menguatkan. Keduanya mungkin saja terjadi berbalikan, awalnya saling menguatkan akhirnya saling mematikan, atau awalnya saling mematikan, akhirnya saling menguatkan. Bisa menyenangkan, bisa menyakitkan.

Bila kedua sisi bertemu, terjadi interaksi saling isi dan saling menguatkan, membawa kedamaian dan kebahagiaan, inilah kondisi yang disebut harmonis. Kondisi sebaliknya, itulah dinamakan disharmonis.

Jadi menurut saya.. Perusahaan yang susah cari karyawan berarti ada kondisi yang menyebabkan Disharmonis. Karyawan yang lama gak dapet dapet pekerjaan, karena dalam dirinya ada unsur pembentuk kondisi disharmonis. Kalo mau dapat karyawan atau dapat pekerjaan, berdamailah, beri ruang gerak bagi sisi yang satunya, jangan biarkan salah satu sisi terlalu dominan, jangan pengen absolut, karena harmonis itu sekalipun bukan sama rata sama rasa, tetapi perimbangannya masih dapat diterima satu sisi lainya. Harmonis inilah, jalan suci yang harus dijalankan manusia dalam hidupnya.

Hmm.. Di atas ada 3 sisi loh, karyawan, pengusaha, dan istri. Bagaimana dengan istri? Ya sama, harmonislah. Karena istri bisa menyenangkan atau menyakitkan, bisa menguatkan atau mematikan. Lah kalo kamu bagaimana? Siapa? Kamu.. Iya kamu... Kalo istriku menguatkan dan menyenangkan, harmonis dong. //

Hubungi Kami

Perlu bantuan mengembangkan bisnis Anda?

Banyak perusahaan masih menjalankan bisnisnya hanya berdasarkan naluri atau kemampuan yang diwarisi secara turun-temurun. Mulailah bergerak maju untuk mengembangkan bisnis Anda!

Telepon:

+62 812.2635.0879

Email:

junziconsulting@gmail.com

Alamat:

Perum Griya Karang Indah Blok B5, Purwokerto